Health Encyclopedia Terapi Komplementer Sendiri Untuk Mengatasi Penyakit Migrain

Terapi Komplementer Sendiri Untuk Mengatasi Penyakit Migrain

482
0
SHARE
Terapi Komplementer Sendiri Untuk Mengatasi Penyakit Migrain
Terapi komplementer tersebut mungkin dapat meningkatkan kualitas hidup anda dan menurunkan frekwensi serta durasi serangan migrain

Unhealthyunhappy.com – Pada bab ini akan memberikan gambaran serta evaluasi kepada anda perihal terapi komplementer sendiri untuk mengatasi penyakit migrain mulai dari akupresur sampai yoga.  Dimana terapi komplementer tersebut mungkin dapat meningkatkan kualitas hidup anda dan menurunkan frekwensi serta durasi serangan migrain. Dalam bab ini juga akan membahas tentang berbagai macam teknik yang akan ditawarkan kepada anda dan tindakan yang dapat anda coba lakukan untuk diri sendiri, diantaranya adalah :

  1. Terapkan akupresur

Akupresur merupakan salah satu dari metode pengobatan China dan sering kali disebut sebagai akupuntur tetapi tanpa jarum. Akupresur didasari oleh gagasan bahwa energi hidup atau chi. Chi atau energi tersebut mengalir melalui saluran di dalam tubuh yang dikenal sebagai meridian. Jalur chi di sepanjang tubuh digambarkan sebagai bagian esensial  bagi kesehatan yang baik. Gangguan terhadap aliran chi di dalam meridian dapat mengakibatkan munculnya penyakit pada titik mana saja di dalamnya. Aliran chi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain stres, beban emosional, diet, dan lingkungan. Chi terkonsentrasi pada titik di sepanjang jalur meridian yang dikenal dengan acupoint.

Hasil gambar untuk gambar akupresur

a) Titik pertemuan lembah

Titik ini merupakan acupoint, dikenal dengan nama Hoku. Letaknya berada pada selaput antara ibu jari dengan jari telunjuk di kedua belah tangan. Berikan tekanan kuat ke bawah ke arah jari telunjuk, terhadap satu sisi tangan, dilanjutkan pada sisi lainnya untuk meredakan nyeri migrain dan membantu meringankan masalah pada pencernaan yang sering kali menyertai serangan migrain.

b) Inner gate

Inner gate juga dikenal dengan nama Nei Kuan. Acupoint ini terletak di pada lengan bawah kira kira 5 cm ke bawah dari oergelangan tangan dan egaris dengan jari manis, Lakukan akupresur pada bagian ini untuk meredakan rasa mual terkait migrain. Anda juga dapat mencoba dengan membeli plester akupresur untuk pergelangan tangan yang dapat memberi tekanan pada area ini untuk meredakan rasa mual.

c) Redakan nyeri tegang leher

Migrain sering dikaitkan dengan ketegangan, nyeri pada leher atau pundak. Otot otot trapezius dari leher bagian bawah hingga pundak merupakan acupoint, yang mana bila distimulasi, dapat membantu meredakan ketegangan dan meringankan rasa sakit kepala. Tekan kuat bagian otot, fokuskan pada area mana saja yang terasa sakit.

  1. Redakan nyeri dengan minyak esensial

Minyak esensial diestraksi dari berbagai bagian tanaman yaitu : akar, tangkai, dan bunga. Aromaterapi didasari oleh gagasan bahwa sensasi aroma yang dilepas oleh minyak esensial mempengaruhi hypothalamus, sebuah bagian dari otak yang fungsinya mengontrol kelenjar kelenjar dan sistem hormon, sehingga memengaruhi mood dan menurunkan level stres. Karena stres adalah pemicu utama migrain, apa saja yang dapat meredakan stres adalah memiliki potensi untuk menurunkan frekwensi serangan. Karena minyak esensial terkonsentrasi, sebagian dari minyak itu akan menimbulkan rasa pedih bila terjadi kontak langsung dengan kulit. Anjuran umun pemakaian minyak ini adalah dengan menambahkan sebanyak satu atau dua tetes minyak esensial ke dalam sendok teh bahan pencampur seperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak almond, atau minyak biji gandum.

Hasil gambar untuk gambar minyak esensial

a) Kompres lavender

Lavender memiliki bahan yang berefek menenangkan dan meredakan nyeri, Sebagian penderita migrain merasakan penderitaan mereka menjadi lebih ringan saat menghadapi serangan dengan melakukan pijatan pijatan ringan menggunakan minyak lavender pada pelipis atau dengan mengoleskan beberapa tetes minyak lavender pada lubang hidung atau bila anda menemukan bahwa terapi panas dapat membantu meredakan rasa sakit, kompreskan bagian yang sakit dengan sehelai kain hangat yang dipercikkan dengan minyak lavender, atau bisa juga dengan menggunkan bantal gandum panas yang mengandung lavender, pada kening atau tengkukterutama apabila terasa tegang pada bagian ini. Lavender dapat langsung dioleskan, namun cara ini dapat menimbulkan reaksi pada kulit. Jika anda termasuk yang sensitif dan ingin menghindari hal ini, anda dapat melarutkan dua tetes minyak lavender pada satu sendok teh minyak pencampur sebelum dioleskan pada kulit.

b) Segarkan diri dengan peppermint

Minyak peppermint dapat meredakan rasa sakit dan mual pada serangan migrain.  Bahan aktif mentholnya yang dikandung merupakan komposisi utama dalam sejumlah obat sakit kepala. Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam air panas atau air dingin dan rendam sehelai handuk atau kain waslap. Peras untuk mengurangi kelembapan dan gunakan untuk mengompres bagian kening atau leher. Larutkan dua tetes minyak peppermint ke dalam minyak pencampur dan pijatkan pada perut anda. Bila anda sedang berada dalam perjalanan, percikkan beberapa tetes minyak peppermint pada sehelai saputangan dan hirup uapnya atau tuangkan setetes minyak ini pada ujung jari dan pijatkan pada kening serta tengkuk anda.

c) Redakan dengan rosemary

Rosemary mengandung bahan anti inflamasi dan pelancar sirkulasi maka dari itu rosemary direkomendasikan untuk migrain. Rosemary ini sebagai sebuah tonik untuk mengatasi depresi, kecemasan dan migrain terkait ketegangan saraf.  Larutkan rosemary kemudian pijatkan pada kening dan tengkuk anda atau tuang beberapa tetes pada saputangan dan hirup uapnya.

d) Penyembuhan herbal

Jenis jenis herbal yang dapat meredakan penyakit migrain adalah sebagai berikut :

  1. Chamomile Jerman : untuk meredakan rasa nyeri dan memberi efek relaksasi .
  2. Skullcap : untuk meredakan ketegangan dan bersifat antipasmodik.
  3. Vallerian : berguna untuk antipasmodik dan mempunyai efek menenangkan dan sedatif.
  4. Lemon Balm : untuk menenangkan pikiran yang terlalu aktif.
  5. Betony : menstimulasi peredaran darah dan memberi efek relaksasi.
  1. Cobalah Homeopati

Hasil gambar untuk gambar Homeopati

Homeotapi adalah penyakit yang serupa dan didasari pada kepercayaan bahwa serupa menyembuhkan serupa (like cures like) dimana zat zat yang dapat menimbulkan gejala pada orang yang sehat dapat mnyembuhkan gejala yang sama pada orang yang menderita penyakit dengan gejala tersbut. Gejala seperti inflamasi atau demam dianggap sebagai sebuah tanda bahwa tubuh sedang berusaha menyembuhkan dirinya sendiri. Pengobatan homeopati dirancang untuk menstimulasi proses penyembuhan diri sendiri dan pengobatan ini diduga bekerja dengan cara yang mirip dengan vaksin. Zat zat yang digunakan dalam homeotapi diperoleh melalui proses drivasi dari bahan yang berasal dari tanaman, hewan dan mineral. Zat zat ini digunakan untuk menghasilkan tincture yaitu zat obat yang dicampur dengan alkohol) yang kemudian diencerkan sebanyak beberapa kali. Ada dua tipe utama penyembuhan berdasarkan pasien dan berdasarkan gejala. Terapis akan meresepkan tindakan penyembuhan berdasarkan karakter kepribadian anda, disamping melihat gejala yang anda alami, para praktisi homeopati melihat migrain sebagai sebuah penyakit pada sistem saraf dan meresepkan tindakan untuk menyikapi gejala dengan menenangkan pikiran, mendukung proses penyembuhan dan memberi perhatian gejala gejala individual tertentu. Cara paling mudah untuk memperlakukan diri sendiri adalah dengan memilih tindakan penyembuhan yang paling sesuai dengan gejala individual anda. Di bawah ini ada beberapa bahan yang biasa diresepkan untuk penanganan migrain dan gejala gejalanya yang bermanfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Arnica : untuk sakit kepala yang muncul akibat trauma atau cedera.
  2. Belladonna : untuk sakit kepala berdenyut, sakit kepala berdebar dengan sensitivitas berlebihan terhadap cahaya dan suara.
  3. Ignatis : untuk rasa nyeri yang mempengaruhi seluruh bagian kepala (termasuk wajah) bersama dengan rasa mual dan muntah.
  4. Iris : untuk migrain intensitas tinggi, terutama migrain dengan aura atau gangguan visual lainnya, serta muntah muntah.
  5. Lachesis : untuk rasa nyeri yang menyiksa, terutama pada sisi sebelah kiri kepala.
  6. Lycopodium : untuk rasa nyeri yang lebih berat di sisi sebelah kanan dan meningkat saat mencoba untuk berkonsentrasi.
  7. Natrum mur : untuk nyeri kepala berdenyut, sakit kepala menyilaukan disertai perasaan berat pada pernapasan. Serta untuk serangan yang diawali dengan mati rasa serta kesemutam pada bibir, lidah dan hidung.
  8. Nux vomica : untuk migrain terkait pemicu makanan atau alkohol.
  9. Petroleum : untuk sakit kepala hebat dengan perasaan berat pada bagian belakang kepala dan kulit kepala menjadi sensitif terhadap suhu dingin dan sentuhan.
  10. Pulsatilla : untuk sakit kepala yang lebih parah di malam hari atau selama periode siklus, dimana kepala terasa seolah olah akan meledak dan penderita merasa begitu sedih dan ingin menangis.
  11. Silicea : untuk migrain yang dipicu oleh hormon, kerja berat atau orgasme.
  12. Spigelia : untuk rasa nyeri yang tajam, menyakitkan, kepala berdenyut dan terasa semakin berat bilamana penderita membungkuk.
  13. Sanguinaria : untuk rasa nyeri pada sisi sebelah kanan kepala, menjalar ke bawah hingga ke bahu kanan, disertai dengan sensitivitas terhadap cahaya dan suara.
  1. Gunakan kekuatan sentuhan

Teknik pijat adalah sebuah warisan tradisi kuno yang merupakan sarana efektif dalam menurunkan stres, sehingga menjadikannya bermanfaat untuk mencegah migrain. Stres keseharian dapat membuat kita mengalami ketegangan dan mengakibatkan rasa sakit serta rasa kaku. Ketegangan otot pada leher dan pundak dapat memicu migrain.  Pijat menggunakan kekuatan sentuhan untuk mengusir ketegangan, rasa sakit dan nyeri, sekaligus melancarkan peredaran darah dan pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Campurkan minyak pijat anda dengan menambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi kesukaan anda ke dalam minyak pencampur. Lavender dan chamomile memiliki efek rileks.  Untuk menikmati manfaat pijat di rumah anda, anda dan pasangan anda dapat saling memijat secara bergantian pada bagian punggung, leher dan pundak, dengan menggunakan teknik sebagai berikut :

Hasil gambar untuk gambar teknik pijat

  1. Sentuhan ringan : usapkan kedua tangan pada kulit dengan ritme lambat membentuk gerakan melingkar.
  2. Pijatan : dengan menggunakan tangan sisi lainnya, tekan tekan bagian tangan antara ibu jari dengan jari telunjuk.
  3. Gesekan : dengan ibu jari, berikan tekanan dengan gesekan lembut terhadap titik titik statis pada masing masing sisi tulang belakang atau buat gerakan pijat melingkar.
  4. Ketukan : dengan menggunakan tepi luar telapak tangan anda secara bergantian, beri ketukan pada seluruh bagian punggung partner dan sebaliknya.

Iringan musik relaksasi pada saat pemijatan ini dapat memperkuat efek relaksasi. Tidak hanya orang yang dipijat yang merasakan manfaat dari pemijatan dengan alunan musik ini, namun pemijat juga ternyata turut merasakan peningkatan mood dan penghargaan diri. Pemijitan lembut pada pelipis anda juga dapat membantu mengurangi nyeri dan ketegangan selama terjadi serangan.

  1. Rileks dengan pijat refleksi

Pijat refleksi didasarkan pada gagasan bahwa titik titik di kaki, tangan serta wajah, diketahui sebagai titik refleksi, terhubung dengan bagian bagian tubuh, kelenjar, dan organ organ tubuh.

Hasil gambar untuk gambar pijat refleksi

Stimulasi titik titik refleksi ini dengan jemari atau ibu jari, memberi dampak fisiologis, yang mendukung proses penyembuhan oleh diri sendiri. Diduga hal ini mungkin terjadi karena energi mengalir dalam tubuh melalui sepuluh zona, yang menjalar secara vertikal dari kedua belah kaki sampai ke kepala, dan dari tangan merambat naik sampai ke leher dan bahu.

a) Pijat refleksi sederhana pada tangan

Pemijatan pada tangan akan lebih mudah dan nyaman dibandingkan dengan pemijatan pada kaki. Gerakan gerakan yang dipaparkan berikut akan membuat kontak dengan refleks terkait sistem pencernaan, hati dan ginjal. Hangatkan masing masing tangan anda dengan cara menggenggam erat atau meremas remas salah satu sisi tangan menggunakan tangan sisi lainnya. Dengan menggunakan ibu jari tangan kanan , lakukan pemijatan pada telapak tangan kiri, gerakkan mulai dari seperempat ujung jari telunjuk ke arah ibu jari hingga kurang lebih 2cm d bawah pangkal jari. Lanjutkan untuk jari jari lainnya secara berurutan dari kiri ke kanan. Ulangi langkah serupa terhadap tangan kanan dengan menggunakan ibu jari tangan kiri.

b) Pijatan pada leher dan pundak

Banyak penderita migrain mengalami nyeri leher dan pundak pada saat menjelang atau selama serangan  terjadi . Teknik berikut dirancang untuk bekerja di area tersebut.

c) Untuk meredakan nyeri leher

Gunakan ibu jari tangan kanan anda untuk memberi tekanan pada sekeliling pangkal ibu jari tangan kiri anda dengan gerakan merayap. Ulangi hingga beberapa kali.

d) Untuk meredakan nyeri pundak

Dengan menggunakan ibu jari tangan kanan, beri pijatan merayap pada bagian tengah jari kelingking tangan kiri anda, mulai dari bagian pangkal jari hingga ujung jari. Ulangi hingga beberapa kali lalu lakukan hal yang sama terhadap tangan kanan anda menggunakan ibu jari tangan kiri anda.

  1. Cobalah yoga

Yoga berasal dari bahasa sanskerta yang berarti kesatuan. Postur postur dan pernafasan pada yoga dirancang untuk menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa. Yoga merupakan bentuk olahraga lembut yang memperkuat tubuh dan meningkatkan fleksibilitas, di samping membawa rasa ketenangan, meredakan stres serta meredakan rasa sakit dan nyeri.

Hasil gambar untuk gambar yoga

a) Postur postur bermanfaat

Postur terbalik atas bawah, seperti berdiri dengan bahu sebagai penopang, melancarkan peredaran darah ke tubuh bagian atas. Pose plough meredakan kaku pada leher dan pundak. Pose kobra meredakan ketegangan dan kaku pada leher dan otot belakang.

b) Pernapasan yoga

Pernapasan yoga atau pranayama, mengembalikan vitalitas seluruh bagian tubuh, menyeimbangkan emosi dan menjernihkan pikiran. Pranayama paling baik dilakukan dengan posisi duduk, dengan tulang belakang, leher serta kepala berada pada satu garis lurus. Posisi ini meningkatkan aliran prana (energi hidup) dan memungkinkan paru paru untuk mengembang secara penuh.

  1. Duduk secara bersila di atas bantal atau alas yoga untuk meredakan ketegangan pada punggung bagian bawah dan lutut. Letakkan satu tangan anda pada bentangan tulang iga dan satu tangan lainnya pada perut anda. Punggung anda harus dengan dagu anda sejajar lantai dan bahu anda dirilekskan.
  1. Hirup udara dalam dalam melalui hidung dengan mulut anda tertutup, biarkan perut anda mengembang terlebih dahulu dilanjutkan tulang iga lalu seluruh area dada.
  1. Hembuskan secara perlahan melalui lubang hidung anda. Biarkan udara keluar meninggalkan paru paru bagian bawah terlebih dahulu, kemudian tulang iga, dan akhirnya dari seluruh area dada.
Demikianlah artikel yang berjudul terapi komplementer sendiri untuk mengatasi penyakit migrain ini saya buat, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan .Sekian penutup dari saya semoga dapat diterima di hati dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena sudah berkunjung ke unhealthyunhappy.com.

LEAVE A REPLY