Health Encyclopedia Tindakan Medis dan Upaya Lainnya untuk Mengobati Serangan Migrain

Tindakan Medis dan Upaya Lainnya untuk Mengobati Serangan Migrain

661
0
SHARE
Tindakan Medis dan Upaya Lainnya untuk Mengobati Serangan Migrain
Tindakan medis dan upaya lainnya tindakan yang dapat dilakukan saat ini serta tindakan tindakan baru untuk menyikapi kondisi pada tahap perkembangan tentang kapan dan bagaimana tindakan ini dapat memberi manfaat bagi penderita migrain.

Unhealthyunhappy.com– Dalam artikel ini yang berjudul tindakan medis dan upaya lainnya untuk mengobati serangan migrain akan menyediakan informasi tentang tindakan yang dapat dilakukan saat ini serta tindakan tindakan baru untuk menyikapi kondisi pada tahap perkembangan tentang kapan dan bagaimana tindakan ini dapat memberi manfaat. Selain itu dalam artikel ini juga akan menjelaskan tindakan praktis pertolongan diri sendiri dan beberapa tips untuk cara mengatasi penyakit migrain.

Mungkin anda sudah mengubah kebiasaan makan anda yang tidak teratur, dan mulai mengonsumsi satu atau dua suplemen dan apapun sudah anda lakukan bisa jadi anda belum juga merasakan manfaatnya secara nyata dan masih saja mengalami migrain dari waktu ke waktu. Jika berbagai macam tindakan yang sudah anda lakukan tetapi anda masih didera oleh serangan yang frekuentif, mungkin anda mempertimbangkan obat pencegahan atau obat medis yang anda dapat peroleh dari resep dokter atau dapat anda peroleh tanpa resep dokter yaitu di apotik. Jika nantinya obat medis ini anda sudah lakukan tetapi masih tetap saja sering terkena serangan penyakit migrain alangkah baiknya anda menemui dokter anda untuk berkonsultasi dan diberikan obat medis yang lebih tinggi dosisnya dan tentunya yang cocok atau sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Selain itu yang sangat penting adalah saat anda berkonsultasi atau berkomunikasi dengan dokter anda, anda harus memberikan informasi secara mendetail tentang serangan yang anda alami dan rasakan dimana informasi yang mendetail tersebut yang anda sampaikan dapat berguna bagi sang dokter untuk memberikan pengobatan yang tepat bilamana diperlukan.

Tindakan pengobatan tanpa resep

Untuk beberapa sebagian orang obat obatan analgesik bebas cukuplah efektif, jika diminum sesegera mungkin. Karena sekali serangan migrain berlangsung, semua sistem di dalam tubuh anda, termasuk pencernaan akan cenderung melambat sehingga efek obat pun berkurang karena penyerapan yang lebih lemah. Bahkan sebenarnya analgesik ringan seperti aspirin dan ibuprofen pun cukup mampu untuk menggagalkan  serangan apabila diminum lebih dini. Jika anda tidak segera meminum analgesik, maka sangat mungkin anda tidak dapat merasakan manfaatnya dan serangan juga akan berlangsung lebih lama.  Berikut di bawah ini daftar kandungan satu atau beberapa obat yang dapat anda konsumsi dimana dapat anda dapat di apotik (tanpa resep) untuk pengobatan sakit kepala diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Aspirin

Hasil gambar untuk gambar aspirin

Asprin ini berfungsi sebagai pereda nyeri yang bekerja secara ringan serta menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan dan menderita asma sebaiknya menghindari obat ini.

  1. Ibuprofen

Hasil gambar untuk gambar ibuprofen

Ibuprofen ini juga mempunyai fungsi yang sama dengan aspirin yaitu meredakan nyeri. Sebaliknya dengan aspirin yang tidak dianjurkan untuk penderita yang mempunyai masalah pencernaan tetapi disini ibuprofen sangat ramah terhadap pencernaan. Namun ibuprofen ini tidak dianjurkan untuk anda yang mempunyai tekanan darah tinggi dan masalah ginjal.

  1. Paracetamol

Hasil gambar untuk gambar paracetamol

Paracetamol mempunyai fungsi sebagai pereda nyeri dan menurunkan demam. Paracetamol ini tidak mempunyai efek samping jika dikonsumsi dengan benar. Jika dikonsumsi dengan berlebihan maka akan mempunyai dampak terhadap hati. Paracetamol tidak dianjurkan bagi siapa saja yang mempunyai masalah ginjal dan hati.

  1. Antihistamin

Hasil gambar untuk gambar Antihistamin

Antihistamin ini dapat membantu mencegah mual.

  1. Codeine

Hasil gambar untuk gambar Codeine

Codeine hanya dapat diperbolehkan dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit karena mengandung morfin dan heroin yang menyebabkan kecanduan. Dan jika sering dikonsumsi maka akan menimbulkan sakit kepala dan pusing pusing.

Selain jenis obat obatan diatas berikut di bawah ini jenis obat anti mual jika serangan migrain anda dibarengi dengan perasaan mual serta muntah yang menyiksa selama serangan migrain terjadi. Mungkin obat anti mual ini akan membantu apalagi anda dapat peroleh dengan mudah di apotik (tanpa resep) dimana akan dapat membantu meringankan mual. Obat anti mual yang anda dapat peroleh tanpa resep diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Motilium

Hasil gambar untuk gambar Motilium

Motilium ini berfungsi untuk membantu sistem pencernaan agar kembali normal. Obat ini bekerja mempengaruhi area otak yang mengendalikan mual dan muntah.

  1. Buccastem M

Hasil gambar untuk gambar Buccastem M

Buccastem M ini jika dikonsumsi dengan dalam dosis yang rendah dapat membantu meringankan mual dan muntah karena serangan migrain.

  1. Migraleve

Hasil gambar untuk gambar Migraleve

Migraleve merupakan kombinasi dari analgesik dan anti mual.

  1. Gaviscon

Hasil gambar untuk gambar Gaviscon

Gaviscon adalah suatu obat untuk mengatasi rasa panas pada ulu hati dan gangguan pencernaan dimana obat ini banyak ditemui pada penderita migrain yang dapat membantu saat diminum bersama analgesik.

Tindakan pengobatan menggunakan dengan resep

Jika obat obatan diatas tanpa resep tidak mampu atau tidak terbukti ampuh mengobati maka anda dapat datang pada dokter anda agar dokter anda dapat memberikan resep dengan dosis yang lebih ampuh. Seperti diantaranya adalah : diclofenac naproxen, asam tolfenamat. Sedangkan untuk anti mual seperti metoclopramide. Untuk kombinasi anti mual dan analgesik seperti migramax, domperamol dan paramax. Obat yang menggunakan resep dari dokter yang lain adalah triptan. Triptan berfungsi untuk mengembalikan pembuluh darah yang membengkak melebihi ukuran normalnya dan menenangkan saraf. Ada beberapa jenis triptan yang diformulasikan dalam bentuk obat yang larut di dalam mulut, yang juga dapat membantu penderita yang mengalami kesulitan menelan. Triptan dikonsumsi pada saat serangan migrain sudah terjadi yang membuktikan bahwa triptan ini bekerja lebih efektif pada saat terkena serangan. Triptan dapat dikonsumsi dengan analgesik. Bisa ditambahkan dengan anti mual jika memang diperlukan. Triptan lebih aman karena bersifat menyempitkan pembuluh darah yang mengalami pembengkakan, bukan pembuluh darah di seluruh tubuh. Efek samping yang umun sering terjadi diantaranya adalah perasaan hangat, kesemutan, kencang, berat, serta tekanan pada area wajah atau anggota tubuh atau terkadang di sekitar dada. Biasanya efek ini muncul setelah setengah jam kemudian dan seharusnya tidak berlangsung lama. Sedangkan efek yang paling serius adalah rasa nyeri atau kaku namun jarang terjadi. Jika anda mengalami kondisi seperti ini sampaikan segera dengan dokter anda yang menangani anda. Bila anda mengalami reaksi energi seperti mengi, pembengkakan, sesak napas, atau lemas, carilah pertolongan medis secepatnya.

Tindakan preventif untuk menghadapi serangan penyakit migrain

Jika anda mengalami serangan penyakit migrain lebih dari dua serangan atau lebih dalam sebulan dengan kondisi yang cukup mengganggu aktivitas keseharian anda atau anda merasakan serangan yang terlalu berat atau berkepanjangan dokter anda dapat merekomendasikan penggunaan obat yang lebih preventatif. Kelompok obat yang lebih preventatif tersebut mencakup diantaranya adalah :

  1. Atenolol, metoprolol, propanolol dan timolol

Hasil gambar untuk gambar Atenolol, metoprolol, propanolol dan timolol

Kelompok obat ini adalah obat obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi antara lain untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Obat obatan ini membantu merelaksasi pembuluh darah dan efektif dalam pencegahan serangan migrain . Bagaimanapun juga obat pasti punya efek samping, efek samping dari obat obatan ini adalah kelelahan otot, kesulitan tidur, pusing dan rasa dingin.

  1. Sodium valprorate

Hasil gambar untuk gambar Sodium valproate

Sodium valprorate adalah sebuah obat yang efektif untuk pencegahan migrain dan memperlambat aktivitas otak. Efek samping dari obat ini adalah mual, masalah pencernaan, nyeri perut, bertambahnya berat badan, dan rambut rontok. Selain itu efek samping lain yang dapat timbul dan jarang terjadi adalah ruam pada kulit dan gangguan fungsi trombosit dan hati.

  1. Topiramate

Hasil gambar untuk gambar Topiramate

Topiramate ini adalah suatu obat yang berjenis obat anti epilepsi lain yang saat ini disa diberikan kepada penderita migrain. Karena obat ini dapat membantu menurunkan frekwensi serangan hingga separuh dari yang diderita. Sebagai terapi pencegahan obat ini dapat dikonsumsi setiap hari karena selain dapat membantu menurunkan frekwensi serangan hingga separuh dari yang diderita obat ini juga membantu meningkatkan level kalsium dalam tubuh karena tingkat kalsium yang rendah diduga akan memicu serangan penyakit migrain. Jika level obat meningkat dalam sistem tubuh maka dapat menurunkan peluang meunculnya serangan migrain. Topiramate ini bekerja baik dalam tubuh oenderita migrain karena adanya keterkaitan jalur zat kimia dalam otak antara penderita epilepsi dengan penderita migrain. Kemungkinan efek samping yang akan terjadi adalah mual, nyeri perut, masalah pencernaan, mulut kering, penurunan nafsu makan, kelesuan, perasaan berat seperti terpaku perasaan seperti tertusuk tusuk dan sakit kepala.

  1. Pizotifen

Hasil gambar untuk gambar Pizotifen

Pizotifien ini sering digunakan sebagai tindakan pencegahan migrain. Obat ini juga mempengaruhi dan bertindak sebagai sebuah anti depresan. Efek samping dari obat ini adalah dapat menimbulkan rasa kantuk, meningkatkan nafsu makan yang mengarah dapat meningkatkan resiko berat badan.

  1. Amitriptyline

Hasil gambar untuk gambar Amitriptyline

Amitriptyline adalah sebuah obat anti depresan yang dapat bermanfaat dalam pencegahan migrain yang berkaitan dengan masalah depresi. Amitriptyline juga memiliki bahan anti migrain yang terpisah dari bahan anti depresannya. Pada tahap permulaan anda mencoba mengkonsumsi obat ini dengan dosis yang rendah terlebih dahulu dan untuk selanjutnya dapat ditambah atau ditingkatkan levelnya jika dianggap perlu. Efek samping dari obat ini adalah mulut kering, kantuk, pandangan kabur, mual, dan masalah pencernaan.

Temukan tindakan tindakan baru yang menurut anda penting dilakukan untuk mencegah serangan penyakit migrain

Berbagai tindakan baru dan inovatif lain untuk mencegah migrain kini sedang dalam tahap penelitian dan pengujian sepanjang waktu. Yang sedang dalam tahap penyelidikan saat ini adalah diantaranya sebagai berikut :

  1. Injeksi botox

Hasil gambar untuk gambar Injeksi botox

Ternyata bagi anda yang menggunakan injeksi botox untuk keperluan kecantikan dapat mengurangi bahkan migrain anda mengalami perbaikan yang cukup berarti. Injeksi botox merupakan tindakan yang belum mendapatkan lisensi untuk mengatasi penyakit migrain, meski untuk injeksi ini sudah tersedia di beberapa klinik. Jika anda ingin mencoba injeksi botox ini pastikan bahwa tindakan ini tercatat dalam rekam medis dokter anda dalam mengatasi migrain.

  1. Blokir saraf occipital

Hasil gambar untuk gambar Blokir saraf

Blokir saraf occipital ini adalah sebuah proses injeksi yang bertujuan untuk meblokir jalur kimia saraf yang terlibat dalam rasa nyeri pada migrain dan saat ini sedang dalam proses pengujian di UK.

  1. Blokir sambungan sel saraf

Gambar terkait

Obat obatan yang berkaitan dengan sambungan sel saraf ini ditujukan untuk mencegah serangan migrain, yang mempunyai efek samping lebih kecil dibandingkan dengan obat obat preventatif yang ada saat ini. Obat ini bekerja dan mengatur zat zat kimia di dalam otak, dengan cara menenangkan sel sel dalam otak yang terlalu aktif. Obat ini lebih mudah ditoleransi dan memiliki efek samping yang lebih kecil atau sedikit dibandingkan dengan obat obat preventatif lain yang ada saat ini, namun masih juga dibutuhkan riset lebih jauh dan mendalam agar penggunaan obat ini mendapatkan lisensi.

  1. Antagonic calcitonin gene-related peptide (CGRP)

Hasil gambar untuk gambar Antagonic calcitonin gene-related peptide (CGRP)

Antagonic calcitonin gene-related peptide (CGRP) ini adalah kelas obat baru yang sedang diuji sebagai tindakan akut terhadap migrain. Obat ini ditujukan untuk memblokir pelepasan CGRP di dalam otak selama terjadi serangan. CGRP ini juga merupakan zat kimia otak yang menyebabkan pembuluh darah di otak membesar dan diduga berimplikasi pada migrain.

Pertolongan dari diri sendiri untuk mengatasi penyakit migrain

Berikut ini beberapa pertolongan dari diri kita sendiri untuk mengatasi penyakit migrain diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penurunan aliran darah

Hasil gambar untuk gambar terapi ikat kepala

Penurunan aliran darah ke dalam pembuluh darah yang mengalami pembengkakan pada kepala dapat membantu meredakan penyakit migrain. Dengan cara ikatkan sebuah tali di sekeliling kepala bagian atas dan kencangkan ikatan itu hingga anda dapat merasakan tekanan di sekeliling kepala anda.

  1. Terapi suhu panas atau dingin

Hasil gambar untuk gambar terapi suhu panas atau dingin

Terapi suhu panas atau dingin dapat dilakukan dengan cara : ambil handuk direndam dalam air es lalu diperas kemudian ditempelkan pada bagian belakang leher atau pada pelipis. Temperatur dingin ini akan dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan menurunkan aliran darah ke dalam otak. Sedangkan suhu panas dapat dilakukan dengan cara handuk direndam dalam air panas kemudian peras dan dikenakan pada kening atau tengkuk akan membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otak. Bisa juga anda berendam dalam kolam mandi air panas juga dapat membantu meringankan penyakit migrain. Cobalah kedua terapi diatas sehingga anda dapat mengetahui terapi mana yang cocok dan dapat membantu meringankan penyakit migrain anda. Terapi diatas juga sangat bergantung pada kondisi anda apakah yang anda alami adalah penyempitan atau pembengkakan pada pembuluh darah di otak.

Lima tips untuk memerangi migrain

Ketika anda terkena serangan penyakit migrain  segera mungkin anda meminimalkan efek. Banyak orang yang tidak berdaya ketika migrain mulai menyerang, sehingga masuk akal untuk memulai tindakan  disaat anda masih mampu untuk melakukannya. Berikut lima tips untuk memerangi migrain yang dapat membantu anda menggagalkan serangan sesegera mungkin, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Meminum obat

Hasil gambar untuk gambar minum obatGunakan analgesik yang paling cocok untuk anda pada saat tanda tanda awal serangan mulai muncul.

  1. Makan

Hasil gambar untuk gambar makan

Carilah makanan ringan yang terbuat dari gandum dan protein, misalnya roti gandum dengan isi ikan tuna atau daging tanpa lemak dan biskuit gandum yang sangat mudah dicerna oleh pencernaan kita. Jika rendahnya kadar gula dalam darah memegang peranan dalam memicu serangan penyakit migrain, maka makanan ringan ini dapat membantu mempersingkat serangan.

  1. Gunakan terapi panas atau dingin

Hasil gambar untuk gambar terapi panas dingin

Terapkanlah salah satu terapi ini pada kening atau tengkuk anda bila merasa ada ketegangan pada otot area tersebut. (Penjelasan mengenai terapi ini sudah dijelaskan sebelumnya).

  1. Minum

Hasil gambar untuk gambar minum

Minumlah segelas atau lebih air untuk mengantisipasi kemungkinan dehidrasi yang dapat memicu terjadinya serangan penyakit migrain.

  1. Tidur

Hasil gambar untuk gambar tidur

Tidur atau hanya sekedar beristirahat di ruangan yang tenang dan gelap. Anda dapat menggunakan masker penutup mata bila diperlukan untuk membantu anda lebih nyaman dalam istirahat anda.

Kelima tips diatas adalah yang paling utama anda harus perhatikan adalah obat apa yang cocok untuk dikonsumsi, makan dan minum yang cukup ditambah lagi dengan istirahat kurang lebih dengan setengah jam saja ini sangat jauh lebih baik. Tetap waspada jika anda tidak memberikan tubuh anda untuk istirahat setidaknya beberapa jam saat terjadi serangan penyakit migrain, maka serangan tersebut dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk dipulihkan dan kembali normal.

Demikianlah artikel yang berujudul tindakan medis dan upaya lainnya untuk mengobati serangan migrain yang saya buat semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel ini. Dan penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati.

Dan saya juga sangat mengharapkan yang membaca artikel ini akan bertambah motivasinya untuk selalu hidup sehat. Sekian penutup dari saya semoga berkenan di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena sudah berkunjung ke unhealthyunhappy.com.

LEAVE A REPLY