Health Encyclopedia Penyebab dan Cara Menyiasati Pemicu Penyakit Migrain

Penyebab dan Cara Menyiasati Pemicu Penyakit Migrain

704
0
SHARE
Penyebab dan Cara Menyiasati Pemicu Penyakit Migrain
Pemicu migrain dapat ditimbulkan dari beberapa faktor seperti pola tidur yang tidak teratur, cuaca, nyeri leher dan pundak serta pemicu pemicu lainnya

Unhealthyunhappy.com – manusia tidak lepas dari suatu penyakit. Dimana penyakit dapat disembuhkan bahkan dihindari dengan cara yang tepat. Pada zaman sekarang ini banyak sekali macam macam penyakit yang bermunculan. Salah satu penyakit, penyebab dan cara untuk menangani yang akan saya bahas ini adalah penyebab dan cara menyiasati pemicu penyakit migrain.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang  penyebab dan cara menyiasati pemicu penyakit migrain dimana pemicu migrain dapat ditimbulkan dari beberapa faktor seperti pola tidur yang tidak teratur, cuaca, nyeri leher dan pundak serta pemicu pemicu lainnya. Untuk lebih jelasnya simak artikel di bawah ini dan berikut penyebab dan cara menyiasati pemicu penyakit migrain diantaranya adalah :

  1. Membiasakan tidur teratur

Hasil gambar untuk gambar orang tidur nyenyak

Jika waktu yang sedikit atau terlau banyak tidur merupakan salah satu pemicu penyakit migrain bahkan terjadi perubahan dari pola tidur anda, maka anda mencoba untuk memastikan membangun pola tidur yang teratur dan menjaga pola tersebut. Sebisa mungkin anda tidur tidak terlau larut malam atau bangun terlalu siang. Tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu penyembuhan selama terjadinya serangan migrain. Jika memang anda tidak ada waktu yang cukup untuk istirahat mungkin anda bisa berbaring dalam suasana yang tenang dan dalam ruangan gelap sepertinya akan membantu. Bisa juga anda menambahkan dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk mengurangi serangan penyakit migrain.

  1. Persiapkan diri anda dalam menghadapi cuaca panas atau kemarau

Musim panas juga termasuk menjadi salah satu pemicu serangan migrain. Apalagi anda sebelumnya berada pada ruangan yang dingin atau ber AC kemudian keluar dari ruangan dapat memancing serangan penyakit migrain. Kerana dalam temperatur hangat anda lebih mungkin berkeringat sehingga menghadapi resiko dehidrasi lebih tinggi. Cahaya terik matahari dapat menjadi sebuah pemicu bagi sebagian penderita migrain.  Hujan dan badai petir yang tiba tiba juga dapat mempercepat migrain pada beberapa orang yang sensitif terhadap perubahan tekanan. Selain itu cuaca badai juga dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan konsentrasi ion positif di udara yang dipercaya oleh beberapa orang dapat menjadi pemicu penyakit migrain. Kemudian berikutnya adalah udara panas juga cenderung menurunkan nafsu makan sehingga meningkatkan resiko penurunan level gula darah yang nantinya semua faktor ini yang menjadikan musim cuaca dapat menjadikan serangan migrain. Yang harus anda lakukan jika merasa intensitas cahaya yang tinggi merupakan salah satu faktor pemicu migrain anda adalah sebagai berikut: Mengenakan kacamata hitam serta tertutup rapat, jangan lupa selalu dibawa setiap waktu karena anda tidak pernah tahu kapan cahaya akan terik. Kacamata yang digunakan harus yang resistan terhadap sinar ultraviolet serta lensa terpolarisasi dimana bermanfaat sekali melindungi anda dari teriknya sinar matahari. Di bawah ini ada beberapa cara untuk meminimalkan efek dari cuaca panas agar serangan migrain tidak terjadi dengan anda diantaranya adalah :

  1. Mengenakan pakaian yang berbahan katun dengan pelapis seperti jaket atau cardigan, agar anda dapat membuka dengan mudah dan mengenakannya kembali sesuai dengan cuaca yang anda rasakan.
  2. Meskipun anda merasakan nafsu makan menurun, usahakan anda tetap makan yang teratur dan dilengkapi dengan makanan yang mengandung protein dan berjenis biji bijian untuk menjaga level gula darah tetap stabil.
  3. Pastikan tubuh anda terpenuhi dengan cukup cairan pada musim panas, agar tidak terjadi dehidrasi.

Hasil gambar untuk gambar musim panas

3. Adaptasi dengan lingkungan kerja anda

Ada beberapa faktor yang memicu terkena penyakit migrain pada lingkungan kerja. Termasuk stres dalam pekerjaan, silau dengan cahaya komputer, kesalahan postur duduk dalam bekerja bahkan aroma dari perabot pada ruang kerja anda dapat berpengaruh pada penyakit migrain anda.

Hasil gambar untuk gambar lingkungan kerja

a. Kurangi stres

Mengurangi stres di dalam lingkungan kerja dapat dilakukan dengan cara menyediakan waktu hanya beberapa menit saja untuk menggerakan tubuh guna melakukan pelemasan otot di sela sela waktu kerja anda.

b. Waspada dengan efek cahaya silau

Cahaya silau yang dimaksud disini adalah layar komputer anda. Layar komputer dapat memicu serangan migrain anda, maka pastikan anda mengistirahatkan mata anda walaupun hanya sejenak dan secara teratur dari aktivitas di meja kerja anda. Untuk mengantisipasinya anda dapat menggunakan layar peredam radiasi atau pasang filter peredam radiasi pada komputer anda. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah menurunkan level kontras cahaya pada layar komputer anda dapat membantu mengurangi resiko.

c. Duduk tegak

Duduk dengan menghadap pada meja kerja untuk waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher dan pundak dimana selanjutnya dapat berimplikasi pada penyakit migrain. Ketegangan pada otot leher dan pundak tersebut dapat atau sering kali muncul sebelum, selama, atau setelah serangan terjadi. Untuk menghindari ketegangan pada otot leher dan pundak anda dapat melakukan dengan cara : pastikan ketinggian kursi dan meja kerja anda sesuai dengan anatomi tubuh anda. Pastikan juga tinggi kursi anda memungkinkan telapak kaki anda menapak datar pada lantai agar anda dapat merasakan rileks. Atau dapat juga menggunakan dengan penyandar kaki. Selain itu anda juga harus memperhatikan posisi keyboard komputer yang sebaiknya berada pada ketinggian sejajar dengan siku anda dan layar komputer diposisikan sejajar dengan posisi vertikal kepala anda sehingga anda dapat menatap layar komputer anda dengan nyaman tanpa harus membebani otot leher atau pundak.

4. Bersihkan rumah anda secara alami

Hasil gambar untuk gambar orang membersihkan rumah

Bila serangan migrain anda diakibatkan karena cairan kimia yang anda gunakan untuk perawatan perabotan rumah tangga anda, maka cobalah anda beralih atau mengganti menggunakan bahan alami sebagai alternatif untuk perawatan perabotan rumah tangga anda. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Cuka putih dapat digunakan sebagai pembersih serba guna, Dengan cara cukup larutkan cuka dalam air dengan perbandingan 1:1.
  2. Jus lemon yang mengandung asam sitrat yang dapat bekerja sebagai zat pemutih, antiseptik, anti bakteri dan pelarut minyak atau lemak. Cobalah dengan cara menggosok bak mandi dan bak cuci dengan setengah buah lemon dan selanjutnya bilas dengan air hangat.
  3. Minyak Zaitun adalah zat pengganti alami yang baik untuk pemoles perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Cukup dengan cara campurkan secangkir minyak zaitun yang biasa saja, tidak perlu yang mengandung ekstra virgin dengan jus satu buah lemon dan tuangkan larutan ini ke dalam botol penyemprot. Untuk memoles perabotan kayu semprotkan sedikit saja larutan ini pada permukaan perabot lalu gosokan. Jus buah lemon dapat berfungsi sebagai pengangkat kotoran sementara itu untuk minyak zaitun berfungsi atau bekerja sebagai pelindung serta membuat lapisan permukaan kayu menjadi lebih cemerlang.
  4. Soda bikarbonat selain harga yang sangat terjangkau soda bikarbonat mempunyai sifat serbaguna. Soda bikarbonat jika dicampurkan dengan air akan membentuk larutan alkalin yang membantu melarutkan kotoran dan menetralisir bau tidak sedap. Soda bikarbonat ini dapat digunakan pada karpet untuk membersihkan noda dan untuk menguras saluran air.  Cara penggunaannya adalah taburkan secangkir penuh soda bikarbonat ke atasnya lalu tuangkan juga secangkir cuka putih secara perlahan. Sedangkan untuk cara membersihkan permukaan yang terbuat dari bahan plastik, porselain kaca, ubin dan logam taburkan soda bikarbonat ini pada kain basah.
  5. Minyak esensial seperti lavender, lemon atau peppermint merupakan penyegar udara yang sangat efektif. Dengan cara campurkan beberapa tetes ke dalam air dan sedikit cuka putih dalam botol penyemprot.

Demikianlah makalah mengenai penyebab dan cara menyiasati pemicu penyakit migrain yang saya buat semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya dan menambah wawasan bagi anda yang membaca artikel ini. Dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati. Sekian artikel yang saya buat ini semoga berkenan di hati dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena anda sudah berkunjung ke unhealthyunhappy.com.

 

LEAVE A REPLY