Healthy Tips Mengelola Pikiran dapat Mengatasi Migrain

Mengelola Pikiran dapat Mengatasi Migrain

665
0
SHARE
Mengelola Pikiran dapat Mengatasi Migrain
Pengelolaan stres dan relaksasi dapat membantu dalam pencegahan migrain. Stres bisa jadi merupakan faktor penting dalam sakit kepala migrain.

Unhealthyunhappy.com – Tidak melulu yang menyebabkan timbulnya sakit migrain dari asupan makanan atau pola makan yang tidak sehat, dari segi pikiran juga sangat berpengaruh, salah satunya adalah stres. Untuk menghindarinya ada berbagai macam cara dan tips cara mengelola pikiran dapat mengatasi penyakit migrain. Berikut dibawah ini ulasannya saya persembahkan untuk anda.

Pengelolaan stres dan relaksasi dapat membantu dalam pencegahan migrain. Stres bisa jadi merupakan faktor penting dalam sakit kepala migrain. Pada sebagian atau beberapa orang serangan migrain dapat mempunyai peran yang positif karena penyakit migrain seolah olah memberi petunjuk bagi pikiran atau tubuh untuk menenangkan diri dari stress  atau sebagai cara untuk mengendalikan emosi.

Apa itu Stres?

Stres adalah cara tubuh dan pikiran merespon tekanan seperti tekanan tuntutan tugas yang berlebih dalam lingkungan kerja atau rumah yang menyebabkan kita seolah olah mempunyai rasa yang sudah tidak sanggup menghadapinya. Dimana ada beberapa orang yang dapat diadaptasi situasi dengan baik tetapi ada beberapa orang juga yang lainnya yang menyebabkan stres. Itu semua dapat ditentukan oleh persepsi individu serta kemampuan mereka menjalani itu semua.

Hasil gambar untuk gambar orang stres

Otak anda bereaksi terhadap stres dengan cara mempersiapkan tubuh untuk menghadapi stres apakah dengan menerima situasi sebagai tantangan atau untuk menghindarinya. Mekanismenya adalah dengan melepaskan hormon kortisol ke dalam aliran darah. Situasi seperti ini dapat memacu denyut jantung serta pola pernafasan dan dapat membuat seseorang mengeluarkan keringat  berlebihan. Kadar glukosa dan asam lemak dalam darah meningkat, memberi energi ekstra pada tubuh untuk memampukan anda menghadapi situasi atau menjauhinya.

Pada zaman sekarang ini yang penuh dengan berbagai faktor penyebab stres misalnya tekanan pada lingkungan kerja atau peristiwa peristiwa perubahan dalam kehidupan seperti kepergian seseorang atau pemutusan hubungan kerja, senantiasa terjadi dan tidak mungkin dikendalikan dengan reaksi instan, dan oleh sebab itu tubuh memproduksi hormon stres dalam jumlah tinggi. Dan kemudian jika terjadi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan peredaran hormon kortisol dalam tubuh bersifat merugikan dan meningkatkan resiko berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung koroner serta berbagai macam penyakit gangguan psikosomatis (melibatkan pikiran dan tubuh)  termasuk migrain. Selain itu banyak juga pada zaman modern seperti ini banyak orang yang mempunyai kesibukan yang padat (sibuk) sehingga penting untuk menenukan cara agar dapat mengenali, mengurangi serta mengelola stres.

Mengenali stres

Mengenali stres sangat penting dimana agar kita secara cepat dan tanggap  untuk mengenali gejala fisik dari stres sedini mungkin, agar anda dapat segera mengambil tindakan sebelum mengakibatkan permasalahan kesehatan yang serius.

Tanda tanda psikologis yang umum dari stres adalah sebagai berikut :

  1. Kesulitan menyelesaikan tugas tugas sederhana atau mudah, merasa tidak terorganisir, dan melemahnya kemampuan koordinasi.
  2. Kecemasan, depresi, perasaan rendah diri atau apatisme.
  3. Bertindak atau bersikap irasional, atau mengambil keputusan secara semena mena, mudah tersinggung atau marah.
  4. Menurunnya konsentrasi, melemahnya memori jangka pendek, atau ketidak ammpuan mengambil keputusan.
  5. Mudah merasa sedih, kehilangan selera makan (yang mungkin menjadi penyebab rendahnya kadar gula dalam darah yang merupakansalah satu pemicu migrain) atau kecenderungan untuk makan berlebihan, merokok, meminum minuman keras, atau mengkonsumsi obat obatan terlarang.

Tanda tanda fisik yang umum dari stres adalah antara lain :

  1. Kelelahan, sakit perut dan mual.
  2. Perasaan berdebar, mengeluarkan keringat berlebih dan mulut kering.
  3. Diare, peningkatan sekresi urin dan susah tidur.
  4. Terkena permasalahan kulit.
  5. Kenaikan berat badan, atau penurunan berat badan.
  6. Sakit kepala (migrain).
  7. Peningkatan infeksi sebagai akibat menurunnya kekebalan tubuh.
  8. Ketegangan yang berat pada rahang, pundak dan leher. Semua nyeri yang dirasa akibat ketegangan otot.
  9. Jantung berdebar, sulit bernafas, dan gangguan siklus pada wanita.

Hasil gambar untuk gambar orang stres

Identifikasi pemicu stres Anda

  1. Buatlah catatan harian tentang kondisi stres anda

Buatlah catatan harian yang mencatat detail situasi, waktu, tempat dan orang orang yang anda temui menurut anda membuat anda stres, untuk jangka waktu beberapa minggu. Setelah anda menemui penyebab stres anda, anda akan dapat menghindarinya, atau meminimalkan situasi dengan atau bahkan dengan belajar berdamai dengannya dengan cara yang lebih baik.

Hasil gambar untuk gambar catatan harian

  1. Jangan membesar besarkan masalah sepele

Seperti halnya usaha anda mengenali faktor faktor eksternal yang membuat anda stres, pertimbangkan pula aspek kepribadian anda yang mungkin turut berperan memunculkan stres. Apakah anda termasuk tipe orang yang perfeksionis yang tidak pernah merasa puas dengan pencapaian anda dan gaya hidup anda? Mempertahankan pikiran dan perasaan tentang siapa anda, apa yang anda punya, tidak akan memberi kontribusi positif dan dapat mendorong anda mengembangkan ekspektasi tidak realistis, menciptakan tekanan yang tidak menguntungkan diri anda sendiri. Kehidupan ini adalah baik adanya dan berjalan dengan ketentuannya saat ini. Mengadopsi sikap demikian senyatanya adalah cara yang cukup ampuh untuk meredakan stres dan memberi ketenangan.

Hasil gambar untuk gambar membesarkan masalah

  1. Tabungan anda tidak pernah kosong

Sikap dan gaya hidup workaholik (berorientasi pada pekerjaan) tampak sebagai stressor (pemicu stres) yang terkait dengan pemikiran perfeksionis. Dimana perfeksionis itu nerupakan sebuah harga yang harus dibayar untuk memiliki gaya hidup sempurna. Di satu sisi berjuang dan dan bekerja keras untuk mendapatkan apa yang anda inginkandalam hidup ini adalah sebuah hal yang terpuji, Namun ada beberapa orang yang bekerja sepanjang waktu hingga tidak memiliki kesempatan bahkan untuk menikmati hasil pekerjaannya sendiri. Jika anda tetap senantiasa merasa mendapatkan semua pekerjaan selesai, dan berfikir bahwa anda akan merasa tenang dan rileks ketika tugas tugas terselesaikan, pikirkan kembali akan hal ini. Yang cenderung terjadi adalah akan terus ada hal baru untuk anda lakukan demi memenuhi kebutuhan “Tabungan”. Tujuan dari gidup sebenarnya bukanlah menyelesaikan semua tugas tugas namun menikmati setiap tahap dari seluruh pekerjaan. Ingatkan pada diri anda bahwa ketika anda mati “Tabungan” anda tidak pernah kosong.

Hasil gambar untuk gambar tabungan

  1. Belajarlah untuk mendelegasikan tugas dan pekerjaan anda

Perfeksionisme juga dapat memunculkan perasaan kebutuhan untuk selalu mengontrol anda untuk menyakinkan diri anda bahwa tidak ada orang lainyang dapat memenuhi standar anda yang tinggi dan karenanya anda melakukan segala sesuatu sendiri. Kondisi seperti dapat menimbulkan kelebihan beban, baik secara fisik, maupun mental. Solusinya adalah dengan menerima bahwa anda tidak mungkin mengetahui dan melakukan segala sesuatu sendiri sehingga anda perlu belajar untuk mendengarkan gagasan gagasan serta pendapat orang lain untuk kemudian melakukan delegasi tugas.

Hasil gambar untuk gambar pekerjaan

  1. Cobalah bersikap asertif

Kata “Tidak” adalah sebuah kata yang sederhana yang dapat membantu anda menurunkan level stres secara dramatis. Jika anda pernah merasa kelebihan beban dan membuat level stres anda meningkat. Cobalah berkata “Tidak” terhadap tugas tugas tidak esensial yang sulit dipenuhi karena keterbatasan waktu atau karena sekedar anda tidak ingin melakukannya. Bila Anda mrasa sulit untuk berkata “Tidak” mungkin itu berarti anda perlu mengasah ketrampilan asertif.

Jika anda sering menyembunyikan perasaan anda yang sesungguhnya daripada mengungkapkannya demi menjaga atau menyenangkan perasaan orang lain, bisa jadi anda mendapat manfaat dari usaha anda mengasah keterampilan asertif.

Atau bisa juga anda secara teratur mengizinkan orang lain memanipulasi hingga anda melakukan apa yang anda tidak inginkan? Bersikap asertif membuat anda mampu untuk mengungkapkan apa yang anda inginkan, rasakan, dan butuhkan, dengan tenang dan penuh percaya diri, tanpa harus bersikap agresif atau menyakiti orang lain.

Hasil gambar untuk gambar sikap asertif

Berikut beberapa teknik untuk mengembangkan ketrampilan sikap asertif anda agar anda lebih mampu mengendalikan hidup anda sendiri dan melakukan apapun karena memang anda ingin melakukannya bukan karena untuk menyenangkan hati orang lain.

  1. Jika anda merasa tidak setuju dengan seseorang katakan apa adanya dengan menggunakan kata kata “Saya” dan jelaskan alasan mengapa anda tidak setuju tanpa melupakan orang lain berhak untuk memiliki sudut pandang berbeda.
  2. Ketika kita menolak sesuatu permintaan, bicaralah dengan tenang namun tegas, memberikan alasan dan bukan permintaan maaf. Ulangi bila itu diperlukan.
  3. Saat kita membuat permintaan, identifikasi secara tepat apa yang anda inginkan dan kondisi seperti apa yang telah anda persiapkan untuk berbagai kemungkinan. Pilihlah kata kata yang positif dan bersikaplah asertif.
  4. Disaat anda merasa kebutuhan anda tidak terpenuhi sampaikan dengan tenang dan jelas, bila perlu ulangi hingga orang lain mendengar dan memahami apa yang anda katakan.
  5. Ketika anda dihadapkan pada pilihan antara melakukan sesuatu atau tidak, katakan “saya tidak akan” bukan “saya tidak bisa” untuk menunjukan anda memutuskan secara aktif dan atas bukan kendali keadaan atau orang lain. Katakan “saya memilih untuk” bukan “saya harus” dan pilihlah kata kata “bisa” bukan “harus”  untuk menunjukan bahwa anda memiliki pilihan untuk menentukan dilakukan atau tidaknya suatu tindakan.
  6. Tunjukan bahwa pikiran, perasaan dan perilaku anda adalah murni milik anda dan bukan milik orang lain , dengan mengganti pengungkapan orang lainsebagai subjek. Gunakan terminologi “saya” untuk menjelaskan sesuatu menggantikan kata “kita”, “kamu” dan “dia”. Cara ini akan terdengar lebih ramah terhadap orang lain karena tidak terkesan terlalu antagonis untuk mengungkapkan perasaan atau pikiran.
  7. Terima apa yang tidak bisa dirubah

Doa dan bersikap tenang mengajak kita untuk menerima hal hal yang tidak dapat kita ubah, memiliki semangat untuk mengubah apa yang bisa kita ubah memiliki kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaan antara keduanya. Ini tidak berarti anda harus menyerah pasrah menerima apapun dalam hidup anda yang tidak dapat dirubah. Doa ini lebih mengarah kepada pengharapan agar anda diberi kemampuan berfikir dan bertindak secara tidak berlebihan hingga membuang waktu dan energi, agar anda dapat fokus pada hal hal dimana anda dapat membuat perbedaan.

  1. Ubahlah sikap anda

Mengubah sikap anda dalam menghadapi situasi dapat mengurangi stres. Saat sesuatu yang buruk terjadi, daripada berfikir batapa buruknya situasi, cobalah untuk menemukan hal positif darinya bila anda mampu. Berusahalah untuk menemukan jawaban dari masalah anda, atau memandang permasalahan sebagai sebuah peluang untuk pertumbuhan pribadi anda.

Hasil gambar untuk gambar mengubah sikap

  1. Kelola waktu anda

Jika anda merasa berada dibawah tekanan dan acap kali merasa stres karena kurangnya  waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, cobalah untuk meninjau ulang pemanfaatan waktu anda. Buatlah buku harian tugas untuk melihat bagaimana anda menggunakan waktu anda untuk selanjutnya memutuskan aktivitas mana yang dapat anda eliminasi, atau kurangi, atau berupaya sedapat mungkin memberi waktu lebih bagi hal hal yang paling penting bagi anda.

Hasil gambar untuk gambar mengelola waktu

  1. Bergerak

Berolahraga secara teratur merupakan sebuah penangkal stres yang ampuh, karena olahraga membuat tubuh anda mampu mengelola hormon stress yang gunanya adalah menyediakan energi ekstra yang diperlukan untuk menyelamatkan dari dari faktor faktor pemicu atau untuk melawannya. Olahraga juga memicu pelepasan endorfin, zat pembangun mood atau suasana hati dan meningkatkan perasaan baik. Menjadikan olahraga sebagai bagian dari aktivitas rutin harian lebih mudah dan cukup efektif. Mencurahkan energi secara lebih fokus dan terarah dalam aktivitas rutin harian juga merupakan cara lain untuk membuat tubuh anda menjadi lebih aktif.  Baik kekurangan maupun kelebihan aktivitas olahraga akan dapat menjadi pemicu migrain. Dengan berolahraga menyebabkan lebih banyak kalori yang terbakar, sehingga anda perlu menyesuaikan dengan jumlah asupan anda untuk menghindari penurunan kadar gula darah yang dapat memicu serangan migrain.

Hasil gambar untuk gambar berolahraga

  1. Kembali ke Alam

Alam dapat memberikan manfaat bagi kesehatan baik fisik maupun mental. Selain itu alam juga mempunyai ikatan yang terjadi antara dua materi yaitu kita dan alam. Jika hubungan antara keduanya putus akan menjadikan kita stres dan timbulnya  masalah kesehatan. Orang orang yang tinggal atau berada di dekat dengan suasana hijau menikmati hidup yang lebih lama dan lebih sehat dibanding mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan.

Hasil gambar untuk gambar kembali ke alam

  1. Tertawa Lepas

Tertawa merupakan salah satu pereda stres yang ampuh. Orang orang yang selalu memandang hidup dari sisi humor tampak lebih tahan dari resiko masalah kesehatan terkait dengan stres. Oleh karena itu sediakanlah waktu untuk menyaksikan tayangan komedi favorot anda dan usahakan lebih sering berada diantara orang orang yang membuat anda tertawa.

Hasil gambar untuk gambar tertawa lepas

  1. Membagi Beban atau Masalah

Orang orang yang memiliki lingkungan pergaulan atau jejaring sosial yang baik cenderung memiliki kualitas kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak menjalin persahabatan. Berbicara dengan anggota keluarga dan teman yang dapat anda percaya di saat anda mengalami tekanan dapat membantu anda menghadapi stres.

Hasil gambar untuk gambar beban masalah

  1. Menarik nafas dalam dalam

Ketika anda sedang merasa stres, nafas anda cenderung memendek atau anda bernafas tanpa meyadari proses pernafasan itu sendiri. Bernafas dengan pelan pelan dan menghirupnya dalam dalam terbukti menurunkan denyut jantung merelaksasikan otot otot dan melepas ketegangan. Oleh karena itu, jika sewaktu waktu anda kembali mengalami stres, cobalah untuk mengendalikan pernafasan anda. Tarik nafas perlahan melalui lubang hidung anda kurang lebih selama lima hitungan, biarkan perut anda mengembang tahan kira kira lima hitungan dan kemudian hembuskan secara perlahan melalui hidung dalam lima hitungan, sambil anda mengembalikan perut anda secara perlahan. Ulangi proses ini hingga sepuluh kali.

Hasil gambar untuk gambar menarik nafas

  1. Fokuskan pikiran anda

Kita tidak dapat mengubah apa yang sudah terjadi atau memprediksi masa depan, namun kita dapat membuat sebuah perbedaan pada apa yang sedang kita jalani saat ini. Dengan memfokuskan pikiran pada kondisi saat ini, anda dapat menjalankan tugas tugas anda secara lebih efisien dan mendapatkan hasil yang terbaik dalam setiap momen.

Hasil gambar untuk gambar fokus pikiran

  1. Meditasi

Meditasi tidak hanya dapat menurunkan level hormon stres, namun juga meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Karena migrain diduga sangat berhubungan erat dengan masalah stres dan penyempitan pembuluh darah di sekitar otak maka meditasi dapat menurunkan jumlah kejadian migrain. Pada zaman sekarang ini anda banyak menjumpai beberapa teknik meditasi sederhana yang anda bisa lakukan dan coba di rumah.

Hasil gambar untuk gambar meditasi

  1. Tidur nyenyak

Pola tidur merupakan salah satu faktor pemicu migrain.  Terlalu banyak tidur, terlalu sedikit tidur merupakan pemicunya. Selain itu tidak tercukupinya waktu tidur juga akan menimbulkan tingkat stres. Untuk membantu anda menikmati tidur nyenyak dan berkualitas, lakukanlah hal hal dibawah ini :

Hasil gambar untuk gambar tidur nyenyak

  1. Keluar ruangan pada siang hari, karena berada di bawah sinar matahari pada siang hari dapat menghentikan produksi melatonin, dimana melatonin itu merupakan suaru zat kimia otak yang merangsang tidur, membuat tubuh menjadi lebih mudah melepaskannya di malam hari sehingga membantu anda merasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.
  2. Pastikan ruang tidur anda sejuk dan gelap.
  3. Hindari peletakan Televisi dan komputer dalam ruang tidur anda. Menonton Televisi atau menggunakan komputer menjelang tidur di malam hari dapat menstimulasi otak secara berlebih, sehingga membuat anda kesulitan untuk merasa tenang dan tertidur,
  4. Menghindari minuman kopi dan soda diatas jam 6 sore, karena efek stimulan kafein yang terkandung di dalamnya dapat bekerja hingga berjam jam lamanya. Teh juga mengandung kafein dengan jumlah setengahnya dari kopi dalam secangkir teh. Akan sangat baik jika anda menghindari minum teh pada saat saat menjelang tidur apabila anda sebelumnya sudah mempunyai riwayat susah tidur.
  5. Menghindari mengkonsumsi minuma beralkohol di saat waktu tidur, alkohol membuat anda merasa rileks pada saat awal menjelang tidur akan tetapi dan membantu anda lebih mudah tertidur lebih cepat, namun efeknya stimulannya dapat mengakibatkan anda lebih terbangun sepanjang malam. Selain itu meminum minuman yang beralkohol dapat membangkitkan buang air kecil secara berlebihan di malam hari.
  6. Olahraga dapat membantu anda akan merasakan tidur lebih nyenyak karena aktivitas fisik ini mendorong tubuh meningkatkan suhu dan metabolisme yang selanjutnya mengalami penurunan setelah beberapa jam kemudian yang membuat tubuh anda dapat lebih mudah tertidur.
  7. Jika anda merasa khawatir karena masalah jadwal atau kesibukan anda untuk keesokan hari membuat anda tidak dapat tertidur, cobalah untuk menuliskan catatan rencana berdasarkan nilai pentingnya untuk hari itu sebelum pergi tidur.
  8. Berendamlah di air hangat menjelang waktu tidur. Suhu tubuh anda meningkat menjadi hangat dan kemudian menurun membantu anda untuk lebih mudah tertidur. Lebih bagus lagi jika ditambahkan beberapa tetes minyak esensial untu efek ketenangan.
  9. Pilihlah makanan yang mengandung banyak asam amino yang digunakan untuk tubuh untuk menghasilkan serotonin, dimana serotonin tersebut merupakan suatu zat kimia yang berkonversi menjadi hormon tidur.
  10. Diet antistres, apa yang anda makan juga sangat berpengaruh terhadap mood dan dapat berperan menaikkan atau menurunkan respons stres. Makanan yang dikonsumsi harus memenuhi sepertiga buah buahan dan sayuran, sepertiga karbohidrat, sepertiga sisanya adalah protein serta susu rendah lemak. Diet dapat membantu tubuh untuk lebih tahan dan efisien untuk menghadapi stres.
  1. Cari bantuan

Jika anda pada akhirnya merasa tidak sanggup menghadapi stres sendiri, tidak perlu merasa ragu untuk meminta bantuan. Bantuan itu dapat serasal dari dokter anda, dimana dokter andalah yang akan menentukan saran atau rujukan seorang penasehat jika diperlukan.

Hasil gambar untuk gambar sedang mencari bantuan

Sampai disini artikel tentang mengelola pikiran dapat mengatasi penyakit migrain ini saya buat, semoga cukup bermanfaat dan dapat membantu anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung ke unhealthyunhappy.com.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY