Healthy News Manfaat Suplemen untuk Penderita Penyakit Migrain

Manfaat Suplemen untuk Penderita Penyakit Migrain

1194
0
SHARE
Manfaat Suplemen untuk Penderita Penyakit Migrain
Untuk pencegahan penyakit migrain dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen, baik suplemen dari herbal, vitamin dan mineral

Unhealthyunhappy.com – salah satu pencegahan penyakit migrain dapat dilakukan dengan salah satunya adalah mengkonsumsi suplemen. Suplemen apa saja yang dapat dikonsumsi untuk pencegahan penyakit migrain berikut manfaat suplemen untuk penderita penyakit migrain yang saya persembahkan untuk anda.

Untuk pencegahan penyakit migrain dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen, baik suplemen dari herbal, vitamin dan mineral. Penyakit migrain yang dialami oleh seseorang berbeda dengan penyakit migrain yang diderita penderita lain.  Jika anda ingin mencoba salah satu suplemen untuk pencegahan penyakit migrain alangkah baiknya sebelum anda mengkonsumsi suplemen tersebut anda berkonsultasi dengan dokter anda. Berikut macam macam suplemen yang dapat dikonsumsi untuk pencegahan penyakit migrain :

  1. Butterbur

Hasil gambar untuk gambar Butterbur

Butterbur merupakan bagian dari tumbuhan aster. Ekstrak dari akar dan daun dari tanaman ini dikenal sebagai pereda nyeri. Butterbur dikenal di negara Jerman karena menjadi salah satu suplemen yang dapat mencegah penyakit migrain. Suplemen yang mengandung ekstrak akar butterbur jika dikonsumsi dua kali sehari dapat mengurangi dua per tiga dari total serangan yang diderita sebelumnya. Dan intensitas nyeri di kepala juga mengalami penurunan jika mengkonsumsi suplemen ini.

  1. 5HTP

Hasil gambar untuk gambar 5-hydroxytryptophan (5HTP)

Mengkonsumsi suplemen 5-hydroxytryptophan (5HTP) telah menunjukkan pengurangan nyeri pada beberapa penderita migrain. 5HTP digunakan oleh tubuh untuk membuat serotonin, dimana serotonin tersebut berperan mengatur suasanan hati (mood), selera makan, dan pola tidur seperti halnya fungsi fungsi tubuh lainnya termasuk pelebaran dan penyempitan pembuluh darah. Penderita migrain biasanya memiliki kadar serotonin yang rendah. Mengkonsumsi 200 mg 5HTP atau 600 mg 5HTP  sehari  dapat mengurangi migrain setengahnya dari serangan sebelumnya seperti jumlah, kadar dan durasi nyeri di kepala. Suplemen 5HTP  biasanya merupakan derivasi dari biji tanaman griffonia yang ditemukan di Afrika Barat. Bagi yang belum pernah mengkonsumsi suplemen ini untuk tahap awal mengkonsumsi 100 mg sehari dan dapat ditingkatkan menjadi 200 sd 300 mg sehari jika dibutuhkan.

  1. Coenzyme Q10

Hasil gambar untuk gambar Coenzyme Q10

Jika kita mengkonsumsi coenzyme Q10 sehari 150 sd 300 mg sehari dapat membantu mencegah migrain. Coenzyme Q10 merupakan suplemen yang diproduksi secara alami di dalam tubuh dan juga dapat diperoleh dari makanan. Coenzyme Q10 dipercaya dapat mempercepat proses metabolisme tubuh, membantu menyediakan energi dan sebagai antioksidan. Mengkonsumsi coenzyme Q10 sebanyak 150 mg sehari dalam periode 3 Bulan dapat menurunkan serangan separuhnya dari serangan sebelumnya. Selain itu juga mengurangi durasi serangan yang berkurang antara seperempat sampai setengahnya. Coenzyme Q10 bekerja dengan meningkatkan pelepasan energi di dalam sel sel otak. Manfaat dapat terlihat jelas setelah kurang lebih kita mengkonsumsi Coenzyme Q10 empat sampai dua belas minggu agar serangan migrain dapat berkurang separuhnya.

  1. Magnesium

Hasil gambar untuk gambar Magnesium

Suplemen magnesium tidak hanya berhasil mengatasi masalah dengan pembuluh darah di kaki namun juga dapat menyembuhkan penyakit migrain secara tuntas. Makanan yang mengandung banyak magnesium sangat penting karena jika kadar magnesium tidak tercukupi dalam tubuh kita akan menyebabkan terjadinya penurunan aliran darah ke otak. Magnesium membantu mengatur ukuran pembuluh darah di dalam otak dan menurunkan resiko penyempitan (konstriksi) dan pelebaran (dilatasi) pembuluh darah, sehingga menjaga kestabilan aliran darah. Magnesium juga menjaga sistem saraf agar berfungsi normal. Selain itu magnesium juga berperan menurunkan pembekuan darah dan bersifat  anti inflamasi yang juga dapat membantu mencegah serangan migrain. Takaran konsumsi magnesium antara wanita dan laki laki berbeda, untuk wanita disarankan mengkonsumsi magnesium 320 mg dan pria 420 mg dalam sehari.

  1. Feverfew

Hasil gambar untuk gambar Feverfew

Herba feverfew digunakan sebagai pereda sakit kepala sejak abad 17. Selama bertahun tahun banyak orang yang berpendapat bahwa jika kita mengkonsumsi feverfew selama waktu tertentu, serangan migrain pada penderita berkurang dan ada beberapa penderita yang sudah tidak pernah sama sekali merasakan sakit lagi. Pada zaman sekarang feverfew dapat kita jumpai dalam bentuk tablet dan dapat dikonsumsi dengan kadar 250 mg sehari. Selain itu feverfew dapat disajikan secara herbal dengan cara memakan daun segarnya  atau dengan cara dikeringkan untuk dijadikan teh herbal. Rasa daun feverfew adalah sedikit pahit jadi dapat ditambahkan dengan madu. Untuk ramuan herbal ini jumlah yang dianjurkan adalah satu helai dengan ukuran besar (kurang lebih mempunyai panjang 12 cm)  atau bisa juga 3 lembar daun yang kecil dengan panjang kurang lebih 4 cm. Cara membuat dan menyimpannya adalah anda keringkan dan simpan di wadah yang tertutup dan dapat anda gunakan jika anda membutuhkannya. Dan ramuan tersebut dapat dibuat dengan cara masukkan daun kering tersebut ke dalam sebuah cangkir kemudian seduh dengan air mendidih dan tunggu hingga beberapa menit agar zat dari daun tersebut  keluar dan buang ampasnya. Karena rasa daun ini agak sedikit pahit untuk pemanis gunakan madu sesuai dengan selera anda. Beberapa penderita migrain berpendapat bahwa zat yang dikandung oleh daun ini disebut parthenolide yang bekerja sebagai agen anti inflamasi dan dapat mempengaruhi level serotonin. Sebagian orang juga berpendapat bahwa kandungan melatonin tinggi pada tumbuhan ini memiliki efek preventatif atau mungkin juga efek meredakan nyeri dan minyak esensial yang dikandungnya. Efek samping dari mengkonsumsi daun ini adalah ringan. Beberapa orang menemukan bahwa kontak langsung dengan tanaman ini menyebabkan dermatitis dan iritasi pada mulut. Kadang kadang mengarah kepada peradangan. Selain itu juga dapat mengakibatkan sakit perut pada sebagian orang yang mengkonsumsi tanaman tersebut. Untuk ibu hamil dilarang mengkonsumsi daun ini karena dapat memicu konstraksi. Selain itu juga sering mengkonsumsi aspirin secara teratur, anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda sebelum menggunakan herbai ini karena keduanya mengandung bahan yang bersifat mengencerkan darah. Jika anda berminat untuk menghentikan mengkonsumsi daun ini maka anda harus mengurangi konsumsi secara pelan pelan dan jangan drastis karena jika anda mengurangi mengkonsumsi daun ini dengan dratsis maka anda akan terkenan penyakit migrain kembali  dan disertai dengan gejala gejala lain seperti jual, insomnia dan kecemasan.

  1. Vitamin B2

Hasil gambar untuk gambar Vitamin B2

Sudah terbukti jika kita mengkonsumsi vitamin B2 sebanyak 400 mg setiap hari dapat berindak sebagai pencegahan dari terkena penyakit migrain. Penderita migrain jika rajin selama 3 sampai 4 bulan mengkonsumsi vitamin B2 ini setidaknya dapat mengurangi sakitnya hingga setengahnya.

  1. Vitamin B3

Hasil gambar untuk gambar Vitamin B3

Vitamin B3 berfungsi sebagai pembuka pelebar pembuluh darah, sehingga dapat menghentikan atau mengurangi gejala migrain. Dalam sehari direkomendasikan mengkonsumsi vitamin B3 100 sampai 200 mg pada saat awal merasakan sakit migrain. Jika anda pernah mengalami perasaan panas dan banyak mengeluarkan keringat berlebihan maka dianjurkan mengkonsumsi vitamin ini untuk mencegah serangan penyakit migrain. Rutin mengkonsumsi vitamin B3 ini setidaknya dapat mengurangi rasa sakit hingga setengahnya. Vitamin B3 ini dapat diperoleh juga dari makanan seperti daging sapi dan ayam, ikan kacang kacangan, semua produk yang berbahan dari susu, tepung gandum, kentang dan pasta.

  1. Homosistein

Hasil gambar untuk gambar Homosistein

Homosistein merupakan sebuah asam amino yang diproduksi oleh tubuh yang memiliki efek terhadap pembuluh darah, kadar yang terlalu tinggi dalam tubuh dikaitkan dengan penyakit stroke dan penyakit jantung. Meminun vitamin B (B6, B12 dan asam folat) dapat membantu penderita migrain karena kesemua zat tersebut telah terbukti menurunkan level homosistein dalam tubuh. Diduga hal ini karena keterlibatan zat zat tersebut dalam penghancuran homosistein.

  1. Kalsium

Hasil gambar untuk gambar Kalsium

Penderita migrain akan banyak mendapatkan manfaat jika mengkonsumsi kalsium segaimana vitamin B6. Seperti para wanita yang sedang menstruasi, dimana pada masa tersebut kandungan kalsium akan berkurang atau mengalami penurunan sehingga dapat menyebabkan tidak stabilnya emosi dan depresi. Banyak wanita yang banyak mengalami migrain pada masa periode ini karena rendahnya kandungan kalsium pada tubuh.

  1. Minyak Ikan

Hasil gambar untuk gambar Minyak Ikan

Mengkonsumsi banyak ikan dan daging dari mamalia laut yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar nyeri pada saat serangan penyakit migrain. Mengkonsumsi makanan tersebut selama 3 minggu setidaknya dapat mengurangi serangan sebanyak 28 % dan mengurangi rasa nyeri sebanyak 32 % sehingga dapat merasakan kualitas hidup dan mengalami perkembangan yang lebih baik. Minyak omega-3 ini selain dapat mengobati serangan migrain dipercaya sebagai zat anti-inflamasi yang berfungsi sebagai esensial bagi fungsi otak sehat. Minyak ini juga berperan dalam produksi postaglandin yaitu suatu zat yang mengatur pelebaran dan penyempitan pembuluh darah sehingga dapat berperan dalam tindakan pencegahan.

  1. Glucosamine

Hasil gambar untuk gambar Glucosamine

Glucosamine merupakan suatu zat pembangun esensial di dalam kartilago persendian, ligamen, tulang, dan pembuluh darah serta merupakan zat alami yang diproduksi oleh tubuh. Selain itu Glucosamine juga bekerja memperlambat proses degenerasi kartilago (tulang rawan) dan juga sebagai zat anti-inflamasi. Glucosamine juga menunjukan dapat berperan untuk meredakan gejala sekaligus memperlambat progresi osteoarthritis.

  1. Melatonin

Hasil gambar untuk gambar Melatonin

Melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur dan diproduksi oleh kelenjar pineal di dalam otak. Jika kadar melatonin dalam tubuh rendah maka dapat membangkitkan terjadinya migrain dan sakit kepala cluster. Bagi penderita migrain dapat mengkonsumsi melatonin ini sehari sebanyak 3 mg setengah jam sebelum tidur dalam jangka waktu 3 Bulan dapat membantu mengurangi sakit migrain hingga setengahnya bahkan bisa lebih dan ada juga yang kurang dari 3 bulan penderita migrain sudah dapat merasakan manfaatnya. Yang lebih menarik adalah serotonin digunakan tubuh untuk membuat melatonin, dan kita telah memahami bagaimana zat kimia otak ini terbukti bermanfaat bagi sebagian penderita migrain . Kita juga mengetahui bahwa perubahan pola tidur dapat pemicu migrain.

Sampai disini artikel tentang manfaat suplemen untuk penderita penyakit migrain ini saya buat, semoga cukup bermanfaat dan dapat membantu anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung ke unhealthyunhappy.com.

 

LEAVE A REPLY