Healthy News Faktor Makanan Penyebab Penyakit Migrain

Faktor Makanan Penyebab Penyakit Migrain

723
0
SHARE
Faktor Makanan Penyebab Penyakit Migrain
Banyak faktor yang menyebabkan kita terkena serangan penyakit migrain salah satunya adalah makanan seperti kebiasaan pola makan kita yang buruk, sensitif dengan makanan tertentu, mengkonsumsi makanan tertenru secara berlebihan dan gizi yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi.

Unhealthyunhappy.com – bagi yang pecinta kuliner atau yang hobby makan mungkin mulai hari ini harus hati hati, karena faktor makanan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit migrain. Makanan seperti apa sih yang dapat menyebabkan penyakit migrain? Berikut ulasan mengenai faktor makanan penyebab penyakit migrain yang saya persembahkan untuk anda.

Banyak faktor yang menyebabkan kita terkena serangan penyakit migrain salah satunya adalah makanan seperti kebiasaan pola makan kita yang buruk, sensitif dengan makanan tertentu, mengkonsumsi makanan tertenru secara berlebihan dan gizi yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi.

Berikut faktor makanan yang menyebabkan penyakit migrain, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Jumlah kafein yang nda konsumsi

Kefein mempunyai peran ganda bisa juga sebagai obat dan bisa juga sebagai pemicu untuk timbulnya penyakit migrain. Kafein dapat anda temukan pada minuman seperti kopi, teh dan soda. Kafein mempunyai efek menyempitkan pembuluh darah yang melebar di sekitar otak dan memaksimalkan efek kerja analgesik. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat mendorong terjadinya penyempitan pembuluh darah secara ekstrem. Selain itu dapat juga mengakibatkan tidak stabilnya kadar gula dalam darah yang akhirnya dapat memicu terkena penyakit migrain pada beberapa orang.

Hasil gambar untuk gambar makanan penyebab migrain

Meskipun respon tubuh manusia itu berbeda beda, jika mengkonsumsi kafein secara berlebih cukup beresiko menimbulkan masalah. Jika anda penyuka minuman berkafein yang setidaknya mengkonsumsi tiga cangkir, lima cangkir, atau tujuh kaleng bersoda bahkan lebih hal ini dapat berimplikasi pada migrain anda. Dan sebaiknya mulai sekarang waktunya untuk sedikit demi sedikit mengurangi secara teratur.  Cobalah untuk menurunkan level mengkonsumsi kopi atau teh hanya satu cangkir atau segelas minuman bersoda sehari untuk menghindari migrain. Lebih baik anda mengkonsumsi minuman sehat seperti air putih atau jus buah. Selain teh, kopi dan soda coklat juga mengandung kafein. Bagi anda pecinta coklat maka berhati hatilah dan konsumsilah secara wajar.

  1. Jumlah kadar gula dalam tubuh

Penurunan kadar gula darah merupakan salah satu pemicu terkena penyakit migrain. Naik turunnya kadar gula darah disebabkan oleh asupan makanan yang kita konsumsi atau bisa disebkan oleh pengobatan termasuk di dalamnya variasi hormon. Pada saat kadar gula turun sampai ke level yang terlalu rendah akan menyebabkan kondisi hipoglikemia, dimana otak tidak akan menerima glukosa dalam jumlah yang cukup untuk menjalankan fungsinya secara normal. Tubuh dapat bereaksi dengan memproduksi hormon yang melepaskan glukosa ke dalam aliran darah. Sebagai akibatnya tekanan darah akan meningkat dan diduga ini berpengaruh pada diameter pembuluh darah yang menyebabkan migrain.

Hasil gambar untuk gambar kadar gula dalam tubuh

Melewati waktu makan atau mengkonsumsi makanan yang salah dapat menyebabkan kadar gula daram darah menjadi rendah. Untuk menstabikan kadar gula dalam darah anda harus makan secara teratur, jangan membiarkan perut kita kosong dalam waktu lebih dari  4 jam, dan memilih  makanan yang mempunyai indeks glikemiks rendah. Jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah anda adalah roti tawar, pastry, minuman dan makanan manis. Sedangkan roti gandum, bubur, kentang, pasta dan beras merah membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dan membuat glukosa naik secara perlahan lahan dan tetap stabil dalam periode yang lebih lama. Untuk diet beralihlah dengan megkonsumsi karbohidrat yang mengandung biji bijian, sayur, buah, yoghurt, keju dan susu rendah lemak. Tambahkan juga makanan yang berjenis kacang kacangan, ikan dan daging tanpa lemak. Jika mengkonsumsi kentang jangan buang kulitnya karena kulit kentang membantu mencerna lebih lama.  Diet dengan mengkonsumsi makanan diatas dapat membantu mengelola berat badan dengan cara yang sehat dan tidak perlu melakukan diet secara berlebihan yang nantinya dapat memicu anda terkena serangan penyakit migrain. Untuk makanan selingan anda dapat mengkonsumsi buah, bolu oat, atau segenggam kacang kacangan atau biji bijian.

  1. Waspada dengan makanan tertentu

Kemungkinan lain yang dapat menyebabkan terkena penyakit migrain adalah salah satunya alergi terhadap suatu makanan. Dan salah satu pengobatannya adalah dengan melakukan diet sehat. Gejala akan muncul antara 6 sampai 24 jam setelah mengkonsumsi makanan tertentu ini.  Makanan tertentu ini biasanya berasal dari makanan dan minuman dari susu atau makanan dari bahan terigu.

Hasil gambar untuk gambar alergi makanan

  1. Hati hati dengan Tiramin

Tiramin adalah salah satu jenis asam amino yang ditemukan sebagai kandungan alami dari anggur merah dan bir. Ada beberapa orang yang tubuhnya tidak dapat menerima zat ini karena mereka tidak memiliki enzim yang berperan untuk membuang zat ini secara tepat, sehingga zat ini tersimpan terlalu lama dalam tubuh. Tiramin dapat menurunkan level serotonin dalam otak yang mendorong terjadinya penyempitan yang diikuti dengan pelebaran pembuluh darah. Makanan yang mengandung tiramin biasanya ditemukan dalam makanan yang diawetkan seperti :

  1. Daging olahan
  2. Keju
  3. Makanan dan minuman dari susu
  4. Yoghurt
  5. Cuka
  6. Semua produk yang mengandung ragi
  7. Waspada dengan zat aditif

Hasil gambar untuk gambar makanan yang mengandung tiramin

Zat aditif digunakan oleh banyak industri makanan untuk menguatkan rasa, memberi warna dan mengawetkan makanan. Sebenarnya tidak terlalu ada efek yang sangat berat atas zat ini terhadap penyakit migrain. Tetapi ada beberapa orang yang terkena penyakit ini yang disebabkan oleh zat ini. Beberapa zat aditif yang dikaitkan dengan masalah migrain adalah :

a. Monosodium glutamat (MSG)

Monosodium glutamat ditemukan sebagai kandungan alami dari tomat kering dan keju permesan. MSG adalah garam sodium dari asam glutamat dan diproduksi secara sitesis untuk penggunaan sebagai bahan penguat cita rasa pada sejumlah makanan. Zat ini sering kita temukan di mie instan, daging kalengan, aneka krispi, kecap dan kacang kacangan kering. Monosodium glutamat dapat menstimulasi sel sel saraf untuk melepas zat zat tertentu dari otak yang mengakibatkan perubahan pada pembuluh darah di kepala dan leher yang dapat mengarah kepada migrain.

Hasil gambar untuk gambar makanan yang mengandung msg

b. Nitrat dan nitrit

Nitrat  untuk saat ini sudah tidak digunakan lagi dan nitrit pada zaman sekarang banyak digunakan untuk zat tambahan dalam daging olahan seperti hotdog, daging babi asap, daging sapi masak, dan pizza. Selain itu digunakan juga untuk bahan pengawet yang bersifat menghambat aktivitas bakteri dan meningkatkan warna serta cita rasa dari makanan makanan tersebut, Nitrit merupakan salah satu zat yang dapat mempertajam rasa sakit kepala pada penderita migrain.

Hasil gambar untuk gambar pizza dan hot dog

c. Aspartam

Aspartam adalah zat pemanis buatan yang dibuat dua asam amino (bahan pembangun protein) yaitu asam aspartat dan fenilalain yang sudah terbukti dapat dikonsumsi secara aman. Aspartam dapat berupa serbuk atau tablet yang juga sering kita jumpai dalam produk produk diet rendah kalori seperti minuman bersoda, makanan pencuci mulut, dan permen karet bebas gula. Bagi penderita migrain dapat menggunakan produk yang mengandung aspartam tetapi harus mengkonsumsi secara hati hati.

Hasil gambar untuk gambar aspartam

d. Tartrazin

Zat ini adalah golongan bahan pewarna untuk obat obatan, minuman bersoda, dan sari buah serta pelengkap makanan. Dan zat ini dapat memicu serangan migrain untuk beberapa orang penderita migrain.

Hasil gambar untuk gambar tartrazin

e. Sulfit

Sulfit adalah zat pengawet sintetis yang digunakan untuk menjaga agar buah buahan dan sayur sayuran tetap segar dan ditemukan juga pada minuman yang mengandung alkohol khususnya anggur. Selain itu juga digunakan untuk minuman sari buah, acar bawang dan kubis merah. Penderita migrain merasakan sakit kepala dikarenakan salah satunya adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat ini. Kecanduan alkohol diketahui menyebabkan sakit kepala dan mungkin ini yang lebih terkait sebagai faktor pemicu migrain.

Hasil gambar untuk gambar sulfit

f. Sodium benzoat

Sodium benzoat adalah bahan pengawet yang bekerja sebagai antibakteri dan antijamur. Dan zat tersebut sangat efektif bila digunakan dalam makan makanan yang bersifat asam seperti udang, margarin, minuman bersoda, bolu keju, kecap, minuman sari buah, dan kembang gula. Zat ini juga sebagai pemicu terkena penyakit migrain tetapi hanya beberapa orang saja.

Hasil gambar untuk gambar sodium benzoat

Ada beberapa langkah langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi penyakit migrain diantaranya adalah :

  1. Membuat buku harian makanan

Jika anda merasa sensitif dengan makanan makanan tertentu dimana makanan makanan tertentu tersebut dapat menyebabkan penyakit migrain maka alangkah baiknya jika anda membuat buku harian yang mencatat berbagai macam makanan yang gunanya untuk mengidentifikasi makanan mana apa saja yang sekiranya dapat meicu terkena penyakit migrain. Selain itu pada saat anda melakukan identifikasi berbagai jenis makanan perhatikan juga makanan yang anda konsumsi dua sampai tiga hari sebelumnya karena penyakit migrain itu akan muncul setelah dua hari kita mengkonsumsi makanan tersebut. Jika anda menemukan adanya keterkaitan antara makanan yang anda konsumsi dengan migrain yang anda derita maka anda harus wajib mengurangi, membatasi bahkan menghindari. Sebenarnya cara yang paling tepat untuk menghindari penyakit migrain daripada mengidentifikasi makanan adalah menjalankan diet, mengatur pola makan, jangan melewatkan makan dan istirahat yang cukup.

Hasil gambar untuk gambar buku harian

  1. Kunyah Jahe

Menguyah jahe dapat mengurangi rasa mual dan permasalahan pencernaan yang cenderung menyertai migrain. Selain mengurangi rasa mual jahe juga dapat mengatasi rasa sakitnya. Jika anda tidak sanggup menguyah jahe mentah bisa juga dibuat ramuan seperti teh jahe dan sedikit menambah pemanis sesuai selera agar terasa lebih nikmat dan lebih bagus jika pemanisnya dengan madu. Selain minuman anda juga dapat mengkonsumsi biskuit jahe atau kembang gula jahe. Selain itu biskuit dan kembang gula jahe dapat anda jadikan selingan pada saat anda bepergian.

Hasil gambar untuk gambar jahe

  1. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan Magnesium

Penderita migrain pasti mempunyai kandungan migrain sangat rendah. Magnesiun rendah diduga menurunkan aliran darah ke otak dan juga dikaitkan dengan kadar gula rendah.  Kedua faktor tersebut tampaknya terlibat dalam serangan migrain. Dan biasanya wanita yang sedang mempunyai kadar magnesium rendah. Kadar magnesium normal untuk seorang pria adalah pada angka 300 mg sedangkan untuk wanita pada angka 270 mg. Untuk mencukupi kadar megnesium anda harus banyak mengkonsumsi banyak sayuran terutama sayuran hijau, tomat, kacang kacangan dan oat. Dan hindarilah minuman bersoda dan beralkohol. Karena minuman tersebut dapat menghambat penyerapan magnesium pada tubuh.

Hasil gambar untuk gambar magnesium

  1. Pacu level serotonin anda

Serotonin berpengaruh terhadap pembuluh darah di sekitaran otak dan berimplikasi migrain.  Karena jika anda mempunyai kadar serotonin rendah maka akan cenderung terkena migrain.

Hasil gambar untuk gambar serotonin

  1. Minum air putih

Jika kita kekurangan cairan bahkan sampai dehidrasi maka kemungkinan besar kita dapat terkena penyakit migrain. Karena jaringan di sekitaran otak tersusun sebagian dari air, jika kehilangan cairan maka jaringan jaringan ini akan menyusut sehingga menimbulkan iritasi dan rasa nyeri. Untuk terhindar penyakit ini minimal kita harus meminum air sebanyak 2 sampai 3 liter air setiap hari sehingga dapat  mencukupi kebutuhan seluruh sistem dan terlihat mengurangi gejala pada beberapa penderita migrain.

Hasil gambar untuk gambar air putih

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang berjudul faktor makanan penyebab penyakit migrain menjadi pokok bahasan dalam artikel ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul artikel ini dan terimakasih sudah berkunjung ke unhealthyunhappy.com.

LEAVE A REPLY