Healthy Tips Cakra Pada Tubuh Manusia

Cakra Pada Tubuh Manusia

978
0
SHARE
Cakra Pada Tubuh Manusia
Cakra merupakan pusatnya penyalur energi dalam tubuh yang dapat menjaga keseimbangan kerja berbagai macam sistem tubuh

Unhealthyunhappy.com – Tubuh manusia selain mempunyai jiwa ternyata mempunyai cakra. Fungsi cakra disini adalah penyeimbang sistem butuh. Jadi kesehatan tubuh jangan hanya dilihat dari segi fisik saja tetapi juga dilihat dari jiwa. Sehat fisik selalu terjaga begitu juga dengan sehat jiwa juga harus terjaga agar terbebas dari berbagai gangguan dan penyakit. fisik dan jiwa harus seimbang, dan berikut ulasan mengenai cakra pada tubuh manusia.

Cakra merupakan pusatnya penyalur energi dalam tubuh yang dapat menjaga keseimbangan kerja berbagai macam sistem tubuh. Jadi tidak hanya kesehatan fisik yang terjaga tetapi kesehatan jiwa pun harus terjaga agar terhindar dari berbagai gangguan. Cakra dalam tubuh manusia itu terdiri dari tujuh cakra, diantaranya adalah :

Hasil gambar untuk gambar cakra dasar

  1. Cakra Dasar

Cakra dasar terletak pada di dasar tulang punggung. Fungsi cakra dasar sebagai akar penunjang kehidupan dan mengendalikan dan memberi energi pada susunan tulang, sistem otot, dan reproduksi darah dan dilambangkan dengan warna merah berkilauan. Jadi jika ada gangguan menyangkut kerja otot dan reproduksi darah cakra inilah sumber masalahnya. Cakra sangat berkaitan erat dengan organ organ tubuh seperti : tulang belakang bagian bawah, tungkai, tulang kaki, dubur dan sistem kekebalam dan berkaitan juga dengan kejiwaan yang menyangkut perasaan nyaman, aturan sosial dalam keluarga, kemampuan menyediakan kebutuhan pokok, dan kemampuan mempertahankan diri. Ketidak normalan pada cakra ini dapat terjadi dan berpengaruh pada nyeri punggung bagian bawah yang kronis, pegal atau linu, pelebaran pembuluh darah, tumor atau kanker dubur, depresi, dan gangguan yang terkait dengan kekebalan.

  1. Cakra Seks

Cakra seks berada sekitar organ seksual dan diidentifikasi dengan warna oranye. Cakra seks ini bertugas sebagai pengendali dan memberi energi pada organ organ di rongga panggul, termasuk organ reproduksi, saluran kemih, dan sekitarnya. Penyakit yang ditimbulkan pada cakra ini adalah kemandulan, impotensi, infeksi saluran kemih, serta pembesaran prostat. Dan cakra ini sangat berkaitan erat dengan rasa bersalah, keuangan dan seks, kekuasaan dan kendali kreativitas serta etika dan penghormatan terhadap suatu hubungan. Jika pada cakra ini terganggu maka akan menimbulkan nyeri punggung bawah yang kronis, pegal, linu, masalah kandungan, potensi seksual, serta masalah yang berkaitan dengan saluran kemih.

  1. Cakra Pankreas

Cakra pankreas terletak pada bagian kosong pertemuan antara tulang rusuk dan ulu hati, dilambangkan dengan dengan warna kuning. Pada fungsi ini berfungsi sebagai pusat emosi, seperti ini berani, ulet, aktif, marah, benci, sampai dengan sakit hati. Cakra ini dapat mengendalikan energi pada hati, pankreas, hati, lambung, usus besar, usus kecil, kantoeng empedu, kantong empedu, ginjal dan kelenjar adrenalin. Selain itu juga berhubungan dengan sitem pencernaan, pengolahan dan pembuangan sisa makanan. Tidak normalnya pada organ tersebut maka akan tidak normalnya pada cakra ini. Pada cakra ini sangat berkaitan dengan kejiwaan, kehormatan pribadi, sensitif dengan kritikan, bertanggung jawab dengan apa yang sudah menjdi keputusan, peduli dengan diri sendiri dan orang lain, harga diri dan percaya diri, rasa takut dan intimidasi. Jika pada cakra ini terganggu maka akan menimbulkan disfungsi adrenal, disfungsi lever, hepatitis, disfungsi fisik misalnya : arthritis, bisul lambung, atau usus dua belas jari, diabetes anoreksia atau bulimia.

  1. Cakra Dada

Cakra dada terletak pada pangkal bagian tengah dada depan dan depan serta berwarna hijau zamrud cemerlang. Cakra tersebut berkaitan dengan kejiwaan, seperti cinta dan benci, sedih dan marah, rasa egois, komitmen dan sepi, belas kasih dan pemaaf, serta harapan dan kepercayaan. Cakra ini lebih dikenal dengan pusatnya emosi secara halus, misalnya : nurani, cinta kasih, peka, ramah, gembira, damai dan belas kasih. Sekain itu juga melambangkan dengan rasa peduli dengan orang lain dan mengendalikan energi pada jantung dan sistem sirkulasi, kelenjar timus, bahu dan lengan, tulang iga, payudara, diafragma, kelenjar gondok, serta paru paru. Jika pada cakra ini terjadi ketidaknormalan maka akan menimbulkan kanker payudara, kanker paru paru, alergi, asma,serangan jantung, gagal jantung karena sirkulasi darah tersumbat.

Hasil gambar untuk gambar cakra

  1. Cakra Tenggorokan

Cakra ini divisualisasikan dengan warna biru. Jika cakra ini kuat maka akan berani mengatakan “Ya” atau “Tidak”. Cakra ini bertanggungjawab atas pemberian energi pada tenggorokan, saluran udara, mulut, gigi, gusi, para tiroid, hipotalamus, dan kelenjar tiroid. Cakra ini juga merupakan pusat energi yang mengeksperimen pemikiran, perasaan, dan keinginan. Cakra ini dapat menimbulkan masalah tiroid, luka kerongkongan yang kronis, masalah sendi, bisul mulut dan gangguan gusi jika cakra ini adanya ketidaknormalan.

  1. Cakra Ajna

Cakra ini menunjukan kepemilikan kedudukan yang cukup istimewa karena melambungkan kebijaksanaan. Tugas cakra ini adalah mengendalikan dan memberi energi pada otak, sistem endokrin, kelenjar kelenjar, telinga, mata, sistem saraf dan cakra utama lainnya. Cakra Ajna ini juga disebut dengan mata ketiga karena cakra ini juga mempunyai tugas mengontrol dan mengendalikan kemampuan melihat sesuatu yang bersifat nonfisik. Jika cakra ini terganggu maka akan menimbulkan maka akan kehilangan keseimbangan, problem mata, telinga dan hidung, malfungsi kelenjar endokrin.

  1. Cakra Mahkota

Cakra mahkota ini memiliki  posisi yang paling tinggi diantara pusat energi yang ada karena berada diatas kepala atau ubun ubun. Cakra tersebut mempunyai tanggung jawab mengendalikan dan memberi energi ke sistem otot, sistem rangka dan kulit.  Pada cakra ini sangat berkaitan erat dengan spriritualitas dan pengabdian, keyakinan dan inspirasi, etika, nilai, keberanian, mempunyai kemampuan mempercayai hidup. Efek yang akan ditimbulkan jika pada cakra ini terjadi ketidaknormalan adalah peka terhadap cahaya, bunyi dan faktor lingkungan yang lainnya, kelelahan kronis yang berhubungan dengan gangguan fisik.

Demikia artikel yang berjudul cakra pada tubuh manusia saya buat dan saya juga sangat mengharapkan yang membaca artikel ini akan bertambah motivasinya untuk memiliki jiwa dan badan yang sehat, karena saya membuat artikel ini mempunyai arti penting yang sangat mendalam. Dan terimakasih sudah berkunjung ke unhealthyunhappy.com.

 

 

LEAVE A REPLY